Keyboard
Keyboard adalah piranti input data tekstual utama.
Tata letak keyboard:
ABCDE layout
Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.
Beberapa pada tombol selain huruf:
QWERTY layout
Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.
Dvorak layout
Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.
Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, 1870-an. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakai sehingga tombol mesin tik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Standar keyboard bahasa Inggris. Kecepatan rata-rata: 150 kata per menit.
Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia berusaha berpindah dari QWERTY.
Tombol-tombol disusun menurut abjad. Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.
Numeric keypad
Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12 atau PF1 … PF24. Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan. Negatif: letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.
Tombol-tombol pergerakan kursor
Tata letak yang terbaik adalah yang alami. Populer: T-terbalik (a). Biasa mempunyai typematic (auto-repeat). Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb.
- Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm.
- Agak cekung.
- Dibuat dengan bahan yang bersifat dof.
- Diaktifkan dengan gaya 40-125 gf.
- Jika ditekan masuk 3-5 mm.
- Tombol-tombol khusus lebih besar.
- Tanda bagi Caps Lock, Num Lock.
- Warna yang informatif.
- Label harus cukup besar untuk dibaca.
- Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai.
Piranti Penunjuk (Pointing Device)
Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung.
• Kelebihan:
– Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard.
– Dapat memusatkan perhatian pada tampilan.
• Ada dua kelompok piranti penunjuk:
– Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar.
– Indirect pointing devices: kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar.
Tugas Interaksi Piranti Penunjuk
• Select: memilih dari seperangkat item.
• Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
• Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
• Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva.
• Quantify: menentukan nilai numerik.
• Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.
Macam-macam Direct Pointing Devices
Light pen
- Tangan menutupi layar;
- Tangan jauh dari keyboard;
- Light pen harus diangkat.
Touch screen
Langsung menyentuh layar dengan jari
Alat yang digunakan untuk menyentuh touch screen pada palmtop.
Macam-macam Indirect Pointing Devices
Mouse
Kelebihan:
- Posisi tangan nyaman;
- Tombolnya mudah ditekan;
- Pergerakan panjang cepat;
- Penempatan presisi.
Kelemahan:
- Tangan harus pindah dari keyboard;
- Memakan tempat di meja;
- Kabelnya mengganggu;
- Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang;
- Harus berlatih untuk bisa menguasainya.
Joystick
Track point
Biasanya ditemukan di keyboard laptop / notebook.
Touchpad
Pengenal Ucapan, Suara, dan Gerak
Pengenalan ucapan masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah:- Lebih menuntut ingatan kerja pemakai.
- Derau latar belakang bermasalah.
- Variasi kinerja ucapan pemakai mempengaruhi keefektifan.
Macam-macamnya:
- Discrete-word recognition
- Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
- Kehandalan 90-98% untuk kosakata 20-200 kata.
Berguna jika:
o Tangan pembicara sibuk.Speech recognition
o Mobilitas diperlukan.
o Mata pembicara sibuk.
o Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang
tidak memungkinkan pemakaian keyboard.
Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal. Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice.
Speech store and forward:
- Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
- Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.
- Speech generation
Motion Censor
Pada beberapa alat elektronik, telah terdapat sensor yang akan mendeteksi gerak dan memberikan respon balas terhadap gerak tersebut, contoh: perangkat konsol Xbox Wii.
No comments:
Post a Comment