Collaboration, dimana media yang digunakan meliputi email, telepon, audio dan videoconference, serta dokumen yang dishare. Partisipasi jenis ini memiliki karakteristik jumlah orang 2 sampai 2000, terkait dengan tujuan tertentu, ada batas waktu, partner tertutup pada lingkungan tertentu, dan ada pembagian tugas serta review.
Social Media Participation, dimana media yang digunakan meliputi chat room, blog, user generated content sites, tagging, rating, dan reviewing. Partisipasi jenis ini memiliki karakteristik jumlah orang 20 - 20000, lebih fokus pada proses, terbuka, partner bisa dari mana saja, dan tiap orang bertindak secara independen.
Crossover, dimana media yang digunakan meliputi wiki, blog, chat room, instant messages, short messages, listserver, Yahoo!/Google groups. Partisipasi jenis ini memiliki karakteristik di antara dua tipe sebelumnya.
Tujuan Kolaborasi dan Partisipasi
Tujuan dari manusia melakukan kolaborasi adalah karena dengan itu manusia bisa puas dan bisa meningkatkan tingkat produktivitas. Kolaborasi terjadi bisa karena murni maksud untuk mendapatkan sesuatu atau karena suatu tujuan yang memiliki task yang spesifik
Mengetahui dan memahami proses serta strategi dari para partisipan dapat memfasilitasi kita terhadap analisis dari berbagai variable yang ada dibawah di dalam berbagai situasi dalam suatu sistem kolaborasi antar muka:
- Focused Partnerships
- Lecture / demo
- Conference
- Structured work processes
- Meeting and decision support
- Electronic commerce
- Tele-democracy
- On-line Communities
- Collaboratories
- Telepresence
Asynchronous Distributed Interfaces
Berbeda tempat, berbeda waktu
Email
- Tidak terlalu terstruktur
- Kadang tidak efektif / overwhelming
- Dilengkapi dari berbagai tools seperti filtering , archiving, milis, discussion group
- Biasanya terdiri atas text saja, namun bisa juga ditambahkan graphic, sound, animasi,video, link web sesuai kebutuhan
Newsgroup
- Setiap group membahas tentang paling sedikit 1 topik
- mirip postingan di buletin board
- users bisa membaca note2/ thread2 sebelumnya sesuka hatinya dan bisa mengomentari postingan2 tersebut
- terbuka untuk siapa aja
ListServer
- Individual harus mendaftarkan dirinya / subscribe untuk mendapatkan email
- dimoderasi oleh seorang pemimpin / leader
- users bisa dibanjiri email2 dari listserv
Online dan networked communities
- Memiliki identitas group
- Patient Support Group
- Memiliki impact ke komunitas offline
- Memiliki policies dalam komunitas tersebut dan tentunya kebebasan dalam berpendapat
- Namun network communities bisa controversial contohnya komunitas hackers, anti-fan group, para military groups
- Bisa berupa e-learning / kursus yang menawarkan kemudahan pembelajaran jarak jauh
- Bisa berupa sebuah bentuk reputasi bagi online stores
Synchronous Distribution Interfaces
Berbeda tempat, waktu yang sama
Contoh dari Synchronous Distribution Interfaces:
- Group Editing
- Shared Screens for Customer Assistance
- Memberikan demonstrasi secara bersama-sama di berbagai sites
- Memperbolehkan sharing informasi untuk berbagai aplikasi
- Game interaktif
Synchronus Distribution Interfaces bisa juga berupa
- Chat, IM and Texting
- Audio dan Video Conferencing
Face-to-face Interfaces
Tempat dan waktu bersamaan
Face-to-face interfaces adalah suatu interaksi dimana individual2 bertemu langsung dan berinteraksi di tempat yang sama dan di waktu yang sama
Contohnya
- File Sharing
- Shared Workspace
- Group Activities
- Colab and Liveboard
- SMART Board
- Public spaces facilitates sharing
- Sharing Photos
- Notification Systems
Electronic Classroom
- Merupakan suatu inovasi dalam pengajaran dengan menggunakan software2 khusus. Merupakan suatu variasi dalam teknik pengajaran.
No comments:
Post a Comment